Seri Mikrotik Murah Untuk Skala SOHO

By | October 9, 2018

Jika anda membutuhkan perangkat routerboard yang murah dan tangguh untuk skala rumah atau SOHO maka tentunya anda mencari seri mikrotik murah dengan kemampuan yang cukup mumpuni untuk memanajemen server yang anda kelola.

Kami akan memberikan anda 2 seri mikrotik murah yang cukup tangguh digunakan untuk rumahan atau usaha kecil seperti warnet dan server hotspot voucher. Tipe yang kami share kali ini ada dua keunggulan yang mungkin bisa dipertimbangkan yaitu harga dan performanya.

Diurutan pertama dari sisi harga anda bisa menggunakan Mikrotik Rb941, saat ini dipasaran routerboard ini dibandrol dengan harga kisaran 300 ribuan, fitur sudah lengkap cukup untuk menjalankan warnet 1 pc server dan 5 pc klien, selain itu jika anda ingin menggunakan Rb941 ini untuk server hotspot skala rumah juga sudah cuku, karena sudah ada pengaturan untuk membuat hotspot server, mengatur halaman template login mikrotik, cetak membuat paket dan user, dll.

Untuk pemula Mikrotik Rb941 sangat disarankan, apalagi jika anda masih awam tentang jaringan sebaiknya membeli tipe ini dulu sebagai media belajar.

Selanjutnya untuk seri mikrotik murah yang harus kalian coba yaitu Rb750, untuk seri ini yang laris dipasaran ada dua tipe Rb750R2 dan Rb750Gr3, dari sisi harga tentu keduanya memiliki harga yang berbeda.

Untuk Rb750R2 saat ini kisaran Rp. 550.000 dan Mikrotik Rb750Gr3 Rp. 760.000.

Selain dari sisi harga, spesifikasi antara keduanya juga cukup berbanding sangat jauh, untuk detail spesifikasinya silakan cari informasi lebih lanjut di google. Saya sarankan anda menggunakan Rb750Gr3 jika ingin tipe mikrotik untuk skala soho yang berkualitas, karena RAM routerboard ini sudah lumayan besar yaitu 256Mb.

Lisensi sudah level 4 sama seperti Rb941, dari sisi kestabilan Rb750Gr3 menang telak dari pesaingnya, banyak fitur-fitur baru yang diberikan pada versi terbaru Rb750 ini.

Dengan spesifikasi yang cukup mumpuni ini, anda bisa lebih leluasa membuat pengaturan mangle, manajemen bandwidth dan lain-lain. Jaringan anda akan lebih aman dengan banyaknya pengaturan firewall yang bisa ditambahkan, yang kita tau dimana untuk membuat pengaturan mangle yang rumit dibutuhkan konsusmsi memory yang besar pada mikrotik.